DPP PKB Minta Restu Agenda Mukernas PKB Ke Pengasuh Lirboyo Kediri

Kediri, sahabatrakyat.com – Rombongan Pengurus DPP PKB silaturahmi dan meminta restu pada pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, menjelang Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama pada 8 April 2021 serta Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKB yang akan digelar secara daring karena masih pandemi COVID-19.

Rombongan itu terdiri dari Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (AMI) atau yang akrab disapa Cak Imin didampingi oleh Sekretaris Jendral (Sekjend) PKB Hasanuddin Wahid dan Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid dan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Syamsurrijal.

“Rombongan Ketum, silaturahmi ke para Pengasuh Lirboyo dalam rangka minta doa restu untuk menyelenggarakan Munas Alim Ulama,” kata   Pengurus PP Lirboyo Kota Kediri Gus Muid, sapaan akrab Kiai Oing Abdul Muid di Kediri, Senin.

Rombongan juga disambut sejumlah pengasuh yakni KH Anwar Manshur, KH Abdullah Kafabihi Mahrus dari PP Lirboyo Kota Kediri dan KH Anwar Iskandar yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Al Amien, Lingkungan Ngasinan, Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri .

Dalam pertemuan itu, selain memohon doa restu kepada para pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri juga membahas terkait agenda Munas Alim Ulama dan Mukernas PKB. Ketua Umum DPP PKB di kegiatan sekaligus mengundang kehadiran masyayikh Lirboyo Kediri dalam acara yang digelar secara daring tersebut.

Sementara itu, KH Kafabihi yang mewakili pengasuh PP Lirboyo Kota Kediri juga mengatakan akan berencana ikut serta menghadiri acara yang digelar secara daring tersebut.

Dalam kesempatan silaturahmi tersebut, Pengasuh PP Lirboyo Kota Kediri juga meminta PKB untuk memperjuangkan pesantren termasuk mendorong Presiden segera menerbitkan Perpres turunan dari UU Pesantren.

“Tadi Ketua Umum PKB menyatakan kesiapannya. Bahkan, Gus AMI juga memuji pesantren karena tetap bisa maksimal dalam menyelenggarakan pendidikan di masa pandemi,” kata Gus Muid.

Gus Muid juga menambahkan dalam kesempatan itu pengasuh PP Lirboyo juga sempat mengungkapkan terkait dengan dorongan dari sejumlah pihak agar Gus AMI maju di Pemilu Presiden 2021. Pengasuh juga mengungkapkan bahwa Gus AMI sudah  pantas (maju di Pemilu Presiden).

Acara tersebut digelar secara tertutup dan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hanya tamu undangan saja yang diizinkan masuk ke lokasi pertemuan.

Sebelumnya, sejumlah pengurus DPP PKB juga berkunjung ke sejumlah kiai lainnya termasuk ke Kantor Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur di Kota Surabaya. Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan sinergisitas antara NU dan PKB sebagai partai politik (parpol) yang dilahirkan dari rahim NU. (Ant)